Sabtu, 12 November 2011

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Hari ini bukan hari pahlawan
sudah terlamabat 2 hari malah
tetapi aku ingin menuliskan hal ini
di sore hari ditemani hiruk pikuk jalan raya dan wajah langit yang mendung

pahlawan, orang yg menonjol krn keberanian dan pengorbanannya dl membela kebenaran; pejuang yg gagah berani; ke·pah·la·wan·an n perihal sifat pahlawan (spt keberanian, keperkasaan, kerelaan berkorban, dan kekesatriaan) (http://artikata.com/arti-343246-pahlawan.html)
itu definisi pahlawan yang aku temukan di jagad maya...mungkin masih banyak lagi ribuan definisi lainnya...
orang yang berjasa, mengorbankan dirinya demi orang lain...jiwa dan raga
hmm...banyak sekali pahlawan dalam hidupku. yang tak mungkin dapat aku sebutkan satu persatu
dan kini, izinkan aku mengenang pahlawan-pahlawan dalam hidupku....


1. Mama
pahlawan sejatiku, yang melahirkan aku dari rahimnya, yang mengorbankan seluruh mimpinya demi aku, anaknya. pahlawan yang rela mengorbankan harga dirinya demi aku, anaknya yang bebal dan keras kepala. perempuan terhormat yang aku kagumi yang menjagaku dengan sepenuh nyawanya. mamaku pahlawan sejati, terlalu banyak hal baik yang beliau perjuangkan untukku. mama rela tidak makan asal uang bulanan ku tetap ada di rekening, rela tidak mengganti bajunya demi memberikan seragam terbaik untuk anaknya. untuk mama, kamu pahlawan sesungguhnya pahlawan


2. Papa
u are my hero pap!
yang rela menungguku ber jam-jam menanti kepulanganku dan menyisihkan sebagian dari gajinya, mendekatiku lalu menyelipkannya pada tanganku. "buat ongkos ya, papa ga bisa kasih banyak"
yang rela bersepeda melintasi jalan raya Jakarta Timur-Bekasi demi melihatku tersenyum dengan "Sepeda Baru" yang dibelikannya untukku. percayalah sebenarnya saat itu aku tidak terlalu bahagia dengan sepeda itu. baru beberapa hari kemudian setelah temanku mengatakan "sepedamu bagus banget, ini kan mahal. keren banget" selera papa terkadang aneh, tapi ternyata aku lebih aneh lagi =)


3. Guru-guruku
semua guru bagiku adalah sosok pahlawan, kata-katanya menjadi semangat untukku mengenyam pendidikan, goresan tangannya memenuhi buku buku sekolahku, wejangannya selalu terngiang di telingaku. dan percayalah, untukmu guru. aku berhutang banyak! kalau bukan karena kamu, aku tidak mungkin seperti sekarang


4. Sahabat
sahabat terbaikku, yang hadir untuk menuai tawa dan menghapus air mata. yang di depannya aku tidak perlu mengada. cukup menjadi diriku sendiri. sahabatku yang rela meminjamkan pakaian terbaiknya, mempersembahkan senyum terindahnya dan hati yang lapang untukku. sahabat yang dengan mudahnya mengatakan "semua akan baik-baik saja" ketika aku merasa duniaku hampir runtuh. sahabat yang menuntun tanganku saat aku kehilangan arah. sahabat yang menambal lubang dalam hatiku ketika aku sedang patah hati. sahabat yang membantuku merapal arah dan belajar menyebrang jalan ^.^


5. Kakak dan Adik
kalian ada melengkapi hidupku. walaupun kakakku sangat bawel, sesungguhnya aku bersyukur memiliki kakak sepertimu. tak bisa kubayangkan betapa sepinya hidupku tanpamu. dan adikku, kamu membuatku "berarti" ada di dunia ini. lewat kamu aku dapat bercerita banyak dan berbagi cerita tentang hidup


6. pahlawan-pahalwan lainnya yang tidak bisa aku sebutkan satu persatu
penjaga sekolah, satpam rumah sakit, petugas pom bensin, tukang sampah, tukang sapu jalanan, petugas TU, satpam KRL, petugas busway, supir angkot, dan semua pihak yang mengorbankan jiwa, raga, dan keluarganya untuk mempermudah kehidupanku




terima kasih banyak. kepada kamu semua, aku berhutang banyak
dan aku tak mampu membayar hutang itu sendiri, biarlah tangan Tuhan yang menjamah kamu semua
senantiasa berada dalam kebaikan dan kesabaran
untuk semua pahlawan tanpa tanda jasa dengan melihat kamu semua, aku merasa kaya
walau tanpa blackberry di tangan
tidak butuh banyak untuk merasa bahagia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar