Jumat, 18 November 2016

Obituary Untuk yang Terkasih




Tepat di tanggal 12 November 2016, malam harinya aku keliling mall paling megah di Bekasi untuk memilih hadiah paling tepat di ulang tahun mu yang ke 28 tahun ini. Hari ulang tahun kita hanya jeda sehari. Hampir di setiap tahun kita merayakannya bersama. Hanya di tahun-tahun tertentu kita tidak bersama karena aku pasti sedang di luar kota kala itu. Kali terakhir kita merayakan ulang tahun bersama adalah di tahun 2014. Tepat 2 tahun yang lalu. Itu pun kurang sempurna, karena disaat yang bersamaan aku juga harus bertemu dengan laki-laki harum rumah untuk berbincang, menyelamatkan hubungan kami yang hampir kandas, yang nyatanya kandas juga di bulan yang sama. Mohon maaf karena tahun lalu kita tidak sempat merayakan ulang tahun bersama. Karena suatu tugas, aku harus pergi ke Medan, merayakan ulang tahun sendirian, tanpa kamu di sisiku.

Di tahun ini kita tidak berjanji secara lisan untuk merayakan ulang tahun bersama. Namun diam-diam aku sudah berencana untuk merayakan ulang tahun bersama kamu. Aku sudah mengajukan permohonan cuti dari satu bulan sebelumnya. Aku merencanakan dalam diam, untuk berdua saja dengan kamu. Banyak orang berpikir bahwa aku akan merayakan ulang tahun sambil berkencan, ada juga yang menyangka bahwa aku sengaja ambil cuti karena ingin lamaran dan sayangnya semua anggapan itu salah.

Aku menyiapkan semuanya untuk kamu, sahabat terbaik, kakak, orang tua, partner. Kau segalanya bagiku. Hanya kepada kamu aku bisa bercerita tentang apa pun, termasuk mengenai keluarga, karena secara kebetulan yang teratur kita memiliki cerita dan trauma yang sama mengenai keluarga. Bercerita mengenai keluarga kepada orang lain sama saja seperti membuka aib sendiri namun alpa solusi, setidaknya itu yang kita pahami.

Di suatu pesan singkat, ibu mu memintaku datang di tanggal 13 November, tepat di hari ulang tahunmu. Ibu mu memintaku datang pagi hari, namun aku tidak bisa karena aku sudah punya janji sebelumnya. Aku katakan bahwa aku akan datang di malam hari atau di tanggal 14 November, tepat di hari ulang tahunku karena aku sudah sengaja cuti.

Aku masih sangat ingat, ketika hari berganti dari 12 November ke 13 November, lewat tengah malam aku memberimu ucapan selamat ulang tahun, yang kemudian kamu balas di pagi harinya. Kita masih sangat bahagia di saat itu. Siapa yang sangka itu akan menjadi percakapan terakhir antara aku dan kamu, karena tepat di sore harinya sehabis ashar aku menerima kabar menyedihkan ini dari adikmu. Aku tidak percaya, seakan duniaku hancur saat itu juga. Tanpa pikir panjang aku langsung menuju rumahmu. Sampai saat ini pun aku tidak percaya kamu sudah pergi.

Aku cuti untuk merayakan ulang tahun bersama kamu, bukan untuk menyaksikan upacara pemakaman kamu. Di antara sekian kejutan hari ulang tahun, ini yang paling aku benci. Aku tidak suka dengan cara Tuhan memberikan hadiah tahun ini. Aku marah, menyesal sekaligus hancur. Di antara sekian pelayat pada hari itu, mungkin aku yang paling hancur karena belum sempat memenuhi janji-janji yang pernah terucap. Namun, sekali pun hatiku sangat hancur, tidak satu tetes air matapun keluar dari mata ini. Kamu yang paling tahu bahwa aku yang paling sulit untuk menangis. Hatiku terlalu kering, terlalu banyak pedih yang harus ditahan dan trauma yang dipaksa dihilangkan sehingga air mata tidak bisa lagi menetes.

Pernah, di suatu kesempatan ketika hatiku sedang hancur, kamu bertanya padaku "sudah bisa nangis?", yang kemudian aku jawab dengan menggeleng kepala.

Maafkan aku karena hadir terlambat. Seandainya aku bisa hadir di pagi hari, hari di mana kamu merayakan ulang tahun bersama keluarga, mungkin aku bisa mendampingimu di akhir nafasmu. Maaf karena tidak sempat menggenggam tanganmu di saat-saat sukamu mu hilang dari raga. Hanya kata maaf yang bisa aku ucapkan saat ini, dan juga beribu terima kasih :

Terima kasih karena sudah menjadi saudara yang sangat baik selama 8 tahun ke belakang
Terima kasih atas setiap nasihat baik nya
Terima kasih karena selalu melindungiku dan menerimaku apa adanya
Terima kasih karena sudah paham mengenai kesibukanku
Terima kasih atas hati yang selalu baik, telinga yang selalu siap mendengarkan, tangan yang selalu lebar untuk memeluk
Terima kasih karena selalu percaya dan mendukung setiap mimpi yang ingin aku raih.
Terima kasih karena selalu menjadi inspirasi. Menjadi guru, menjadi terang dan pelita
Terima kasih karena selalu menguatkan

Kini aku harus melanjutkan mimpiki sendiri, juga mimpi mu yang selalu kamu ceritakan. Semoga aku bisa perlahan-lahan mewujudkannya.

Selamat melanjutkan perjalanan kamu. Setelah 24 tahun kamu berjuang dan berdamai dengan rasa sakit, kini rasa sakit itu sudah hilang, berganti kedamaian. Selamat bersanding dengan yang maha memiliki. Kamu orang baik, dan aku menjadi saksi betapa banyak sahabat berkunjung, mengirimkan doa dan karangan bunga, melantunkan beribu doa tanpa henti semalaman, menyolatkan kamu berkali-kali, memandangi damainya wajahmu kala itu.

Selamat jalan sahabat terbaik. Selamat menjadi bintang di malam hari :)

Bandung,
19 November 2016

*Maaf, di peringatan 7 hari kepergianmu, aku ingin sendirian saja. Mendoakanmu dengan caraku sendiri. Dengan cara yang sudah sangat kamu pahami


4 komentar:

  1. PROGRAM HIBAH UANG GAIB HALAL TANPA RESIKO

    Bebas untuk semua jenis agama...

    Khusus untuk anda yg lagi kesulitan masalah ekonomi seperti hutang-piutang, bayar cicilan, butuh modal dan lain lain.

    Pendaftaran hanya untuk 10 orang saja. Untuk info lengkap kunjungi website di www.uanggaib.xtgem.com atau KLIK DISINI
























































































































    Terimakasih!!!

    BalasHapus
  2. Halo,
    Saya Ny. Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau Anda perlu pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih banyak karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat diandalkan dan penerima dan akan bersedia menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (oliviadaniel93@gmail.com)


    DATA APLIKASI

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Status Perkawinan:
    6) Pekerjaan:
    7) nomor WhatsApp:
    8) Nomor Telepon:
    9) Penghasilan bulanan:
    10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    11) Durasi Pinjaman:
    12) Tujuan Pinjaman:
    13) Tanggal lahir:

    Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Saya ingin mengembalikan semua kemuliaan kepada Allah atas apa yang dia gunakan Bunda Alicia Radu untuk melakukan dalam hidup saya, nama saya Yetty Sunarsih dari Sandakan di malaysia, saya seorang janda dengan 3 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan sejak itu hidup telah menjadi sangat kasar bagi saya dan keluarganya dan saya telah mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di sini di malaysia dan saya ditolak dan dikurangi karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
    pada hari ini yang setia ketika saya pergi melalui internet, saya melihat kesaksian ROBBI bagaimana dia mendapatkan pinjamannya dari Ibu Alicia Radu dan saya menghubunginya untuk bertanya tentang Ibu dan seberapa benar pinjaman dari Ibu Alicia Radu dan dia mengatakan kepada saya bahwa itu adalah benar dan saya menghubungi Bunda Ibu Alicia Radu dan mengajukan pinjaman dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam saya mendapat peringatan uang pinjaman saya di akun saya dan ketika saya memeriksa akun saya pinjaman saya masih utuh dan saya sangat senang dan saya bersumpah bahwa perusahaan mana pun yang meminjamkan pinjaman saya akan memberikan deskripsi perusahaan, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com) dan Anda juga dapat menghubungi saya via email saya: (yettysunarsihs850@gmail.com) untuk informasi dan juga teman saya ROBBI melalui emailnya :( robbi5868@gmail.com)

    BalasHapus
  4. Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah sepenuhnya mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik

     Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.


    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus