Rabu, 31 Desember 2014

Menyambut Tahun yang Baru

Bunyi petasan dan terompet mengiringi pergantian tahun 2014 menuju 2015. Ada yang berbeda di penyambutan tahun kali ini. Aku di rumah, merayakan tahun baru bersama diri sendiri. Sungguh sebuah kemewahan yang tidak berlebihan rasanya. Mengingat 4 tahun ke belakang Aku selalu merayakan tahun baru di negeri orang. Sungguh berbeda rasanya, 4 tahun ke belakang meski tahun baru di perantauan, Aku bisa merasa hening yang berbeda, yang hikmat. Di rumahku, meskipun sendirian, rasanya begitu bingar. 

Biasanya setiap orang akan sibuk dengan resolusi masing-masing untuk memulai tahun yang baru. Bagiku, resolusi adalah sebuah tujuan yang akan dicapai setiap tahunnya. Resolusi tidak perlu aku buat ketika menyambut tahun baru. Aku bisa membuatnya setiap bulan, minggu, bahkan hari. Ini adalah semacam penyemangat, agar hidup tidak mengalir begitu saja seperti air. Karena hidup, begitu berharga untuk sekedar di lewatkan begitu saja.

Semoga, di tahun-tahun berikutnya kita mendapatkan apa-apa saja yang kita impikan. Menengok kembali tahun-tahun yang sudah lewat membuatku begitu takjub akan nikmat Tuhan, Begitu banyak pencapaian serta nikmat-nikmat yang tidak terkira jumlahnya. Ah, terkadang Aku hanya perlu meluangkan waktu sebentar untuk merenung kembali akan nikmatnya.

Sempat aku berpikir bahwa tahun 2014 adalah salah saru titik nadir dalam hidupku. Tak punya tujuan, tanpa arah, bahkan ada target yang tidak tercapai dan hujanan masalah yang tak kunjung usai. Mungkin, ini adalah cara Tuhan untuk mengingatkan Aku akan nimmatNya yang tiada tara. Sekarang, ketika aku melihat kembali peristiwa-peristiwa yang terjadi di 2014, rasanya ingin kutampar diriku sendiri yang tak bersyukur. Begitu banyak nikmat Tuhan yang aku dustakan.

Kini, dari sudut sempit ruang tengah, Aku berefleksi dan berafirmasi. Menuliskan tujuan-tujuan yang ingin Aku capai di tahun 2015. Dengan ini, Aku menyambut Tahun Baru dengan rasa senang, juga rasa syukur yang tak terkira.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar